24/10/11

contoh RPP Mata Kuliah Mikro Teaching

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
                                             Mata Pelajaran     : IPA
                                             Kelas / Semester   : V / 2
                                             Alokasi Waktu     : 15 menit
                                            Hari / Tanggal      : Kamis, 10 Maret 2011
          


I.          Standar Kompetensi
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
II.                 Kompetensi Dasar
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
III.               Indikator
-          Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya berpasir, tanah liat dan humus
IV.              Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran
-          Siswa mampu mengenal jenis-jenis tanah
-          Siswa mampu mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah
Karakter siswa yang diharapkan
-          Tanggung jawab
-          Ulet
-          Percaya diri
V.                 Materi Pembelajaran
Komposisi Dan Jenis – jenis Tanah
Jenis tanah dapat berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya. Hal ini tergantung pada jenis batuan tempat tanah terbentuk. Berdasarkan komposisinya jenis tanah dibedakan menjadi tanah berpasir, tanah berhumus, tanah liat dan tanah berkapur.
VI.              Metode Pembelajaran
-          Model Pembelajaran   : Kontekstual
-          Metode Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Tanya Jawab, Penugasan
VII.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.     Kegiatan Pendahuluan
1.      Pengkondisian kelas
2.      Mengecek Pemahaman awal siswa, dengan mengajukan pertanyaan
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
Penyampaian materi ini adalah agar siswa mampu mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah
4.      Menyampaikan kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan adalah melalui kegiatan
B.     Kegiatan inti
-          Guru mengecek pengetahuan awal siswa mengenai materi
-          Guru memberikan materi pengantar mengenai komposisi dan jenis-jenis tanah
-          Dengan bimbingan guru, siswa ditugaskan untuk menunjukkan gambar jenis-jenis tanah yang di tempel di papan tulis
-          Siswa melaksanakan kegiatan tersebut dengan tertib dan menghargai orang lain
-          Guru memberikan umpan balik posistif terhadap kinerja siswa
C.     Kegiatan Penutup
-          Guru memberikan tes uji kopetensi berupa Pekerjaan Rumah (PR)
-          Guru dan siswa menyimpulkan materi ajar
-          Guru menutup kegiatan Pembelajaran
VIII.         Sarana dan Sumber Belajar
A.     Sarana
-          Gambar mengenai jenis-jenis tanah
B.     Sumber Belajar
-          Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam kelas V untuk SD, halaman 118-125, penerbit Pusat  perbukuan Dinas pendidikan nasional tahun 2009.
IX.              Evaluasi / Penilaian
A.     Prosedur Tes
1.      Tes Kognitif (tes tertulis) dalam kegiatan akhir
2.      Tes Afektif, selama kegiatan belajar berlangsung
B.     Jenis Tes
1.      Tes tertulis (PR) dalam bentuk soal uraian sebanyak 2 soal *terlampir
2.      Tes afektif , penilaian tes kognitif : jawaban yang benar x 5 (2x5=10)

Tasikmalaya, Mei 2011

PENGERTIAN PENGUKURAN, PENILAIAN DAN EVALUASI

materi ini saya dapat dari materi kuliah semester 5 Jurusan PGSD UPI Kampus Tasikmalaya ^^ 
Pengukuran :
    ... (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan di mana seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu.
  Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif. 
Asesmen 
 ... (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa
Assessment :
1.Process of collecting various information
2.Integration of overall information
3.Attainment of goals and purpose  
Process of Assessment :
1.Assessment begin with an analysis of criterion. The identification of criterion includes the expectation and demands and other forms of learning target.
2.It proceeds to determination of the kind of evidence that is appropriate abeout the individuals who are placed in the learning environment such as their relevant strengths and weakneas, skill, and abilities.
Evaluasi :
    ... adalah kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement)
  Contoh : evaluasi terhadap kurikulum baru, suatu kebijakan pendidikan, sumber belajar tertentu, atau etos kerja guru.
Tes :
     ... adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarat tertentu yang jelas.
    ... adalah serangkaian pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, kecerdasan, kemampuan, atau bakat yang dimiliki oleh sesesorang atau kelompok.
Definisi Penilaian Pendidikan
(Permendiknas No. 20 Tahun 2007)
Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik